Hikmah Surat Al qur an : Baik Buruk Dinilai Bukan Dari Hitam Dan Putih

Hikmah Kata Dalam Al qur an

Terkadang manusia kebanyakan selalu memandang antara hitam dan putih. Hitam dilambangkan sebagai keburukan dan putih dilambangkan sebagai kebaikan.

Padahal sejatinya kedua warna tersebut hanyalah wujud luar tampilan objek saja. Hitam putihnya hati adalah ketaqwaan itu sendiri, yang tidak bisa diwakilkan dengan warna tersebut.

Seperti Firman Allah dalam Al qur an surat Al Hujuraat  ayat 13, yang berbunyi :

 يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوْا  ۗ  اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَ تْقٰٮكُمْ  ۗ  اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ...

الحجرات ١٣


Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal
(QS. Al Hujuraat: 13)


Putih tak selamanya indah dan menarik. Sebagaimana hitam tidak selalu jelek dan menakutkan. Bukankah kain kafan warnanya putih namun terasa menakutkan. 

Sementara Ka'bah yang warnanya hitam namun menakjubkan. Demikian pula manusia dinilai bukan semata karena penampilan luarnya.


Saya senang menulis makanya saya menjadi blogger, kayaknya itu saja...

Belum ada Komentar untuk "Hikmah Surat Al qur an : Baik Buruk Dinilai Bukan Dari Hitam Dan Putih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel